Kamis, 17 Oktober 2013

pada perayaan hari raya idul adha tanggal 15 Oktober 2013, tepatnya  hari selasa pagi itu pukul 07.00 saya dan semua orang di  desa saya melakukan ibadah sholat idul adha ,setelah selesai sholat idul adha kami semua pulang dan mulai mempersiapkan segala hal untuk  qurban nanti .
Waktu itu aku ganti baju dan  sarapan terlebih dahulu, tiba-tiba aku di panggil mbahku ternyata aku disuruh mengantarkan seekor kambing ke Masjid jami’ sabila Muharam untuk di qurbankan. Saat itu belum banyak hewan qurban yang terkumpul tapi beberapa menit kemudian orang-orang mulai berdatangan untuk berqurban.

                Hari sudah menjelang siang hewan-hewan qurban telah terkumpul dan siap untuk  di sembelih .Hewan qurban yang terkumpul sebanyak 1 sapi  dan 12 kambing, bagiku itu jumlah yang cukup banyak di banding qurban tahun lalu. Aku dan teman-temanku ikut mempersiapkan peralatan-peralatan yang  di butuhkan untuk menyembelih qurban. Waktu itu aku di suruh ikut memegangi hewan yang di sembelih agar tidak lepas . semua hewan sudah selesai di sembelih dan menuju tahap pengelupasan kulit hewan, setelah selesai semua aku dan teman-temanku mendapat tugas ke sungai untuk membersihkan kotoran-kotoran hewan yang ada di perut . kami pun mengerjakannya dengan senang hati dan akhirnya selesai , setelah kembali dari sungai daging yang tadi di bersihkan langsung di potong-potong untuk di bagikan secara rata kepada orang-orang yang telah di tentukan dan pantas mendapatkan daging  qurban .
                Siang itu sangat panas dan pemotongan daging-daging telah selesai tinggal membagikannya , aku dan teman-teman lansung di berikan tugas untuk megantarkan daging ke rumah-rumah tetangga , aku sangat lelah maka dari itu buru-buru aku antarkan agar cepat selesai . setelah selesai aku dan teman-teman di beri daging satu kantong plastik perorang, kami langsung pulang dan bersama-sama kami bikin sate kambing .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar